Minggu, 19 Januari 2014

Cara memperbaiki windows 7, 8, XP tanpa instal ulang

Setelah saudara mengetahui cara instal windows, sekarang saudara juga harus tahu bagaimana cara memperbaiki windows 7 maupun windows lainnya. Sebagai orang yang berkecimpung di dunia internet, saya menggunakan laptop untuk media/alat. Sudah puluhan kali, saya melakukan instal ulang. Yah, itu dulu. Sekarang saya tidak pernah instal ulang lagi. Oleh karena itu, saya ingin memberikan saran kepada saudara supaya tidak perlu melakukan instal ulang seperti yang saya lakukan tempo dulu.

Proses instal ulang sangat memakan waktu. Hal ini sangat berbenturan dengan kita yang setiap harinya wajib menggunakan komputer atau laptop. Tetapi, kalau punya dua ya tidak masalah. Cara memperbaiki windows yang eror atau rusak, lazimnya dengan cara instal ulang. Tetapi, ada cara yang lebih mudah. Itupun kita wajib mengetahui masalah yang terjadi.

Windows Repair

Salah satu cara memperbaiki windows yaitu me-repair. Saya akan memberikan contoh windows repair pada windows 7. Saya pikir untuk windows lainnya sama saja, cuma berbeda sedikit. Bahan yang di gunakan yaitu bootable windows pakai CD, DVD, atau flasdisk. Pertama-tama kita setting bios untuk booting ke bootable windows yang kita miliki. Bisa CD-Room jika menggunakan CD atau DVD. Dan bisa juga pilih USB jika menggunakan flasdisk. Cara ini sebenarnya sama dengan cara menginstal windows. Setelah bootable ter-load dengan baik, pilih Repair Your Computer. Lihat gambar di bawah.
Setelah saudara klik, lalu pilih pilahan yang pertama yaitu bertuliskan StarUp Repair. Tunggu prosesnya hingga selesai.

Windows Restore dan Back up

Cara yang kedua adalah cara yang paling manjur. Namun, saudara perlu untuk melakukan back up windows.Untuk proses back up sendiri sangatlah mudah. Tinggal klik sana-sini beres. Baik, beikut video tutorial back up dan restore windows 7.

Video diatas yaitu untuk windows 7. Jika saudara ingin melakukan back up dan restore pada windows XP atau Windows 8, saya pikir caranya tidak jauh berbeda dengan cara diatas. Demikian cara memperbaiki windows tanpa instal ulang.

Update: Setelah menerima banyak komentar, ternyata masalah pada windows sangat banyak sekali. Saat ini saya masih mengumpulkan data-data mencakup permasalahan windows. Setelah itu, akan saya jadikan satu posting halaman supaya semua orang tidak sulit mencari solusinya. Berhubung saya sedang mengikuti lomba, mohon dukungannya ya. Caranya yaitu membuka artikel lomba minimal 5 menit. Artikelnya bisa KLIK DISINI. Meski tidak dibaca tidak apa-apa, yang penting dibuka saja selama anda masih online.

2 komentar:

BelajarSearchEngine mengatakan...

Wah sangat bermanfaat sekali buat saya pribadi, saya yakin artikel ini juga bermanfaat banyak terhadap pembaca lainnya seperti yang saya alami.
Terimakasih bos atas infonya, sukses selalu ..!!

AA mengatakan...

Nice POst Jangan Lupa Kunjungi Blog Saya
http://serviskomputermurahsurabaya.blogspot.com/

Posting Komentar

Daftar